Home About Photos Info Contact
GK | OTOMOTIF

Kamis, 17 Mei 2012

Pengertian Otomotif


Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil dan sepeda motor. Otomotif mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. .
Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan sistem dan subsistem. Oleh karena itu, otomotif pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua sistem dan subsistem tersebut. ;
Untuk menjaga mobil dapat berfungsi dengan baik, dibutuhkan service secara teratur (berkala). Pekerjaan service berkala sebaiknya dilakukan oleh mekanik berpengalaman sesuai standar prosedur yang dilakukan oleh ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) dan sesuai jenis kendaraan yang dirawat serta kilometer yang telah dicapai.
Juga diperlukan Spooring yang menggunakan computerized alignment yang sangat akurasi dan didukung oleh operator yang sangat berpengalaman. Tools lain yang digunakan adalah Star Diagnostic dan Multi Scanner yang berfungsi untuk membaca dan melacak aspek kesalahan pada berbagai merk dan jenis kendaraan yang pengoperasiannya didukung oleh operator yang ahli.
Latar Belakang

Perkembangan Industri dan ilmu pengetahuan dalam berbagai sektor menunjukkan perkembangan sangat pesat yang tidak dapat dihindari. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi ternyata semakin menambah tantangan dalam dunia kerja dalam berbagai bidang.

Menghadapi tantangan masa depan, khususnya dalam dunia kerja maka kita dituntut menjadi SDM yang mempunyai daya saing terhadap sebuah tantangan. Oleh karena itu diperlukan peningkatan kualitas SDM Profesional yang memiliki sebuah sertifikasi kompetensi, melalui suatu pola pelatihan yang tersistem untuk meningkatkan kemampuan yang ada

Sehubungan dengan hal tersebut diatas UPTD-BLPT Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan telah merumuskan alur, pola dan pelatihan Teknik Mekanik Otomotif. Dalam rangka peningkatan mutu out-put yang dihasilkan.

Selanjutnya harapan dan pelatihan Teknik Mekanik Otomotif ini dapat memberikan kontribusi dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan pelatihan dapat dicapai secara efektif dan efisien.



1 komentar: